top of page
  • Writer's pictureAdmin

Kolam Renang DOGER Cilangkap Jakarta

Anggaran biaya untuk membangun kolam renang ukuran kecil, mungil dan sederhana

Berikut artikel yang terkait dengan pembuatan kolam renang. Kali ini ingin mencoba berbagi informasi tentang anggaran biaya untuk membangun kolam renang ukuran kecil, mungil dan sederhana.

Saya tidak akan mengulas secara detail anggaran biaya termasuk material yang diperlukan dalam pembangunan kolam renang tersebut.

Mungkin yang bisa saya share di sini, hanyalah kisaran harga yang bisa dijadikan gambaran anda tentang kisaran angka yang diperlukan dalam pembangunan kolam renang.

Membangun kolam renang itu diperlukan dana yang tidak sedikit. Karena, selain membutuhkan dana yang banyak, operasional kolam renang juga memerlukan alokasi dana tambahan secara rutin.

Setelah pembangunan selesai, masih ada yang namanya biaya perawatan secara berkala, baik perawatan mingguan, bulanan per semester dan lain sebagainya.

Anggaran biaya yang diperlukan dalam membangun kolam renang itu dipengaruhi oleh beberapa hal. Diantaranya yaitu:

Lokasi dan Ukuran Kolam Renang, dalam hal ini jika lokasinya tidak merepotkan pekerja, tentu lokasi tidak akan berdampak terhadap biaya jasa pembuatan kolam renang tersebut.

Namun jika lokasi yang akan di bangun kolam renang tergolong sulit, biasanya para kontraktor kolam renang akan menghitung dengan cara yang berbeda.

Ukuran jasa pembuatan kolam renang pada umumnya diperhitungkan berdasarkan satuan ukur Panjang X Lebar X Kedalaman Kolam.

Nanti akan saya sampaikan study case beserta ukurannya.

Sistem Sirkulasi kolam renang, Sistem sirkulasi kolam renang menjadi bagian yang mempengaruhi perhitungan biaya jasa pembangunan kolam renang.

Ada 3 sistem sirkulasi kolam renang yang yang wajib anda ketahui, sistem sirkulasi kolam renang pada umumnya, yaitu: Sistem Sirkulasi Skimmer: Dengan sistem sirkulasi ini, air kolam renang tidak terlihat tumpah, tetap di dalam dinding kolam renang, sehingga diding kolam dibuat lebih tinggi. Sistem Sirkulasi Semi Overflow: Kolam renang yang menggunakan sistem ini, mengkondisikan air kolam renang tumpah di luar di bagian tertentu. Dengan sistem ini diperlukan sarana tambahan yaitu gutter (saluran yang menampung limpahan air kolam), balancing tank dan ruang mesin. Sistem Sirkulasi Full Overflow: Dengan sistem ini, air kolam renang dibuat tumpah di seluruh bagian. Sama halnya sistem semi overflow, jika anda menggunakan sistem ini maka akan dibutuhkan gutter sebagai area yang mampu menampung limpahan air yang kemudian di salurkan ke balancing tank, melalui filterisasi dan kemudian air kembali dialirkan ke dalam kolam renang.

Anda bisa googling untuk mengetahui lebih detail tentang masing masing sistem sirkulasi kolam renang tersebut.

Selain lokasi, ukuran kolam renang dan sistem sirkulasi. item terakhir yang bisa mempengaruhi biaya pembangunan kolam renang yaitu.

Mesin Pompa dan Filter kolam renang yang di gunakan, Merek Mesin Pompa dan Filter kolam renang juga berpengaruh terhadap anggaran biaya membangun kolam renang.

Banyak sekali merek mesin kolam renang yang sudah banyak beredar dipasaran, namun kebanyakan mereka menggunakan mesin pompa Hayward. Anda bisa membaca tentang jenis jenis mesin pompa Hayward di sini.

Dengan tiga poin tersebut diatas kita bisa memperkirakan anggaran biaya pembuatan kolam renang kita.

Namun agar sampai kepada titik yang lebih jelas tentang anggaran biaya yang diperlukan dalam membangun kolam renang. Contoh pembuatan kolam renang pribadi untuk anak (misalnya) dengan ukuran (Panjang x Lebar x Kedalaman) = 8 X 4 x 1,5 meter

Biaya Pembangunan Kolam Renang Pribadi

# Konstruksi Kolam renang sistem Skimmer: 8 X 4 X 1,5 Meter = 48 M²

Biaya Kontruksi dengan asumsi finishing menggunakan Mozaik untuk lantai dan dinding kolam renang. Kemudian finishing bibir Kolam renang menggunakan batu Andesit

Asumsi biaya konstruksi Rp. 3.000.000,- per M²

Jadi Total biaya konstruksi pembangunan kolam renang dengan luas 48 M² adalah Rp 3.000.000 x 48 M² = Rp 144.000.000,-

Biaya Perlengkapan peralatan kolam renang dan aksesoris kolam renang seperti: Pump, Filter 3/4 Hp, Aksesoris Vacuum Cleaner (Hayward) USD 1500. Jika rate 1 USD = RP 13.000,- maka anggaran biaya pembelian perlengkapan kurang lebih sebesar Rp 19.500.000,-

Biaya pengisian air (tanki) + treatment awal (pembeningan) = Rp 5.500.000,- Total perkiraan biaya pembuatan kolam renang dengan ukuran 8X4M Kedalaman 1,5M menggunakan sistem Skimmer Box yaitu sebesar Rp 169.600.000,

# Konstruksi Kolam renang sistem semi Overflow:

Terdapat sedikit perbedaan dengan total biaya pembuatan kolam sistem skimmer karena adanya tambahan pembuatan balancing tank dan gutter.

Perinciannya sebagai berikut:

Konstruksi = Rp 144.000.000, Asumsi ukuran ruangan balancing tank 1,5M X 1,5M volume 3M³ perhitungan jasa konstruksi Rp 2.500.000,- finishing keramik lokal = Rp 7.500.000, Asumsi panjang gutter 8M kedalaman 20Cm, lebar 40Cm = Rp 4.500.000, Peralatan = Rp 19.500.000,- Pengisian air dan treatment awal = Rp 5.500.000,- Total biaya pembuatan kolam renang sistem semi overflow sebesar: Rp 181.000.000,-

# Konstruksi Kolam renang sistem Full Overflow:

Perinciannya sebagai berikut:

Konstruksi = Rp 144.000.000, Asumsi ukuran ruangan balancing tank 2 X 2Meter volume 4M³ finishing keramik lokal = Rp 10.000.000,- Asumsi panjang gutter 24M kedalaman 20Cm, lebar 40Cm = Rp 13.500.000,-

Biaya Perlengkapan peralatan kolam renang dan aksesoris kolam renang seperti: Pump, Filter 1 Hp, Aksesoris Vacuum Cleaner (Hayward) USD 1800.

Peralatan = Rp 23.400.000,- Pengisian air dan treatment awal = Rp 5.500.000,- Total biaya pembuatan kolam renang sistem overflow sebesar: Rp 196.400.000,-

Demikian gambaran tentang anggaran biaya membangun kolam renang yang bisa menjadi referensi untuk anda.

Rekomendasi Ahli Pembuatan Kolam Renang

Saya merekomendasikan sebuah perusahaan yang dapat dipercaya dalam membatu anda untuk membuat kolam renang. Yaitu PT. PUTRAPRASENDO BERJAYA dibawah perusahaan konsultan yang sudah kenyang pengalaman. PT. PUTRAPRASENDO BERJAYA bisa membantu anda dalam mewujudkan kolam renang di rumah anda.

Memiliki tim ahli dan berpengalaman dalam menangani segala permasalahan kolam renang bahkan proyek proyek waterpark besar, tidak kaku dalam mendiskusikan permasalahan, mengedepankan musyawarah mufakat untuk mencari win win solution dengan selalu berorientasi kepada kepuasan pelanggan.

Inshaa Alloh Anda tidak akan kecewa dengan pelayanan kami. Perusahaan kami memiliki tim yang bagus dalam mengelola project management system.

Project management system mereka bisa dijadikan sebagai media interaksi antara anda dengan tim PT. PUTRAPRASENDO BERJAYA, dan juga pihak menagement.

Bagusnya lagi system online ini bisa anda akses menggunakan Handphone. Jadi ini merupakan nilai plus menggunakan jasa PT. PUTRAPRASENDO BERJAYA.

Kita pengguna jasa bisa mengerti setiap progress  yang sedang berjalan disertai data yang akurat.

Melayani jasa pembuatan kolam renang baru baik kolam renang pribadi “untuk keperluan pribadi” maupun kolam renang komersial “untuk keperluan komersial” di Seluruh wilayah Republik Indonesia.

Pembuatan Kolam renang apa saja yang bisa PT. PUTRAPRASENDO BERJAYA kerjakan ?

PT. PUTRAPRASENDO BERJAYA menawarkan jasa diantaranya yaitu: Pembuatan Waterpark / Waterboom Pembuatan Waterfall / Air Terjun Pembuatan Water Founting / Air Mancur Pembuatan Kolam ikan / kolam taman Pembuatan Kolam renang pribadi / perumahan

Untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi websitenya di www.waterpark.co.id

IKLAN:Jika anda ingin membangun wahana wisata baik wisata air maupun permainan kering, percayakan perencanaan konsep desain sampai dengan pelaksaaannya pada kami:Ir. H. Hendro Prasetyo / Hj. Neni S.W 081808127049 / 08176988578PT. PUTRAPRASENDO BERJAYA Jl. Wibawa Mukti 2 No: 36 Jatiasih, Bekasi 17423 Telp: +62-21-82437804 Fax : +62-21-87717934PRODUK WATERPARK Katalog BOX MOTOR PLAYGROUND Alat Peraga Kesehatan DESAIN WATERPARK PaPan BaSkEt Tempat Sampah Bikin MASKOT Manekin MEJA KURSI FIBER Toilet Portable LIFE JACKET BOX PaYuNG PAraSOL KIOSK TOUCH SCREEN endofiberglass SIRKUS WATERPLAY fiberglass professional Ayunan CUSTOM FIBER KontraktorWaterpark ENDOFIBERSave

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

32 views0 comments
bottom of page