top of page
Writer's pictureAdmin

Jasa Pembuatan Kolam Renang Waterpark


PT. PUTRAPRASENDO BERJAYA Kontraktor kolam renang memiliki keahlian dalam mendesain dan merencanakan sebuah wahana permainan air / kolam renang. Untuk membuat kolam renang hal yang pertama dilakukan adalah kita harus survey dulu, dimana lokasi kolam renang yang akan dibuat. Setelah itu kita sebagai kontraktor perencanaan kolam renang akan mengukur luas tanah yang akan kita bangun dan menggambarkan lay out tanah untuk membuat kolam renang beserta fasilitasnya.

Sebelum memulai untuk membuat masterplan kolam renang tersebut, sebaiknya kita melakukan sondir tanah terlebih dahulu, karena dengan itu, kita akan mengetahui keadaan tanah dilokasi tersebut, barulah kita melakukan perencanaan dengan membuat masterplan, tentunya kita berkoordinasi dengan pihak Owner sesuai konsep dan desain yang diinginkan dari pihak Owner tersebut.


Konsultan-Waterpark-Indonesia

Berkoordinasi dengan pihak Owner itu sangat penting untuk menentukkan anggaran yang akan dibangun, apabila kita sudah sepakat dengan pihak Owner dan ditanda tangani dengan kedua belah pihak, antara kontraktor kolam renang (konsultan perencana) dan Owner, barulah dibuatkan gambar detail bangunan kolam beserta fasilitasnya dan rencana anggaran biaya untuk membangun kolam renang tersebut.


Diagram Pembuatan Kolam Renang Untuk pembuatan kolam renang, kita harus tahu terlebih dahulu sistem kolam renang terdiri dari : 1. Overflow 2. Skimer box 3. Gabungan Overflow dan Skimer box

Berikut Diagram Aliran Air pada sistem Overflow dibawah ini :

Berikut Diagram Aliran Air pada sistem Skimer Box dibawah ini :

Setelah anda mengetahui sistem kolam renang, anda dapat menyediakan peralatan yang akan dipakai pada sistem kolam renang yang sudah anda pilih.

Berikut ini peralatan yang umun disiapkan oleh kontraktor kolam renang : 1. Pompa kolam renang 2. Filter kolam renang 3. Inlet 4. Maindrain 5. Skimerbox (jika sistem kolam renang skimer box) 6. Pipa PVC beserta sambungannya 7. Waterstop 8. Gate Valve

Tahapan Membuat Kolam Renang Kontraktor kolam renang pertama-tama terlebih dahulu harus membuat Direksi Keet dan Gudang Material, agar apabila kita membeli material yang rawan ataupun kena hujan seperti semen dan lain-lain, kita harus menyimpan digudang, tentunya tempat istirahat untuk para pekerja membuat kolam renang. Selain Direksi Keet dan gudang kita juga harus membuat pagar pengaman disekeliling lokasi kolam renang yang akan dibangunTahapan Lanjutan Pembuatan Kolam Renang

  1. Pengukuran Ulang lokasi yang akan dibangun, sesuai dengan gambar lay out dari kolam renang tersebut tentunya juga membuat bouwplank, supaya dapat menentukkan level tanah dan ukuran kolam renang yang akan dibuat.

  2. Pekerjaan Galian Tanah untuk membuat kolam renang dan pondasi sesuai dengan gambar detail. Tentunya dengan meratakan tanah dan pemadatan tanah sesuai dengan gambar detailnya.

  3. Membuat lantai kerja.

  4. Tentunya berbarengan dengan pemasangan sistem Plumbing.

  5. Membuat strukstur kolam renang, dengan merakit besi behel, membuat bekisting (sesuai dengan gambar detail), dan tentunya material campuran yang sudah tersedia dilokasi, sesuai dengan spesifikasi material (mutu beton) yang akan dicor.

  6. Setelah Struktur beton, lantai beton dan dinding beton sudah selesai dan kering sesuai dengan standard umur beton, Maka dilakukkan Water proofing agar kolam renang tersebut tidak bocor dikemudian hari.

  7. Setelah selesai Water proofing, maka dilakukan pelesteran dinding dan lantai, tujuannya agar rata permukaan dinding lantai.

  8. Pekerjaan pemasangan keramik dinding dan lantai.

  9. Selain pekerjaan pembuatan kolam renang, berbarengan dengan pembuatan ruang pompa dan balancing tank (bila kolamnya overflow).

  10. Setelah selesai seluruh pekerjaan pembuatan kolam renang, ruang pompa dan balancing tank. Kita harus melakukkan pengetesan kolam renang, takutnya apabila ada kebocoran dikolam renang serta pengetesan mesin pompa dan balancing tank.


Macam-macam Pekerjaan Kontraktor Kolam Renang

  1. Pembuatan Kolam Renang Anak (kiddy pool)

  2. Pembuatan Kolam Arus

  3. Pembuatan Kolam Ombak

  4. Pembuatan Kolam Landing (Kolam Landing Crazy Combi Water Slide, Whizzard Slide dan Boomerang)

  5. Pekerjaan Landscaping Kolam Renang


Pekerjaan-Kontraktor-Kolam-Renang

Pembuatan Kolam Renang Anak-Anak (kiddy pool) Kami sebagai kontraktor kolam renang menerima jasa pembuatan kolam untuk anak-anak. Kolam renang anak adalah sebuah kolam renang yang paling utama disetiap Waterboom atau Waterpark karena pengunjung anak-anak pasti berenang ditempat berenang kolam renang anak-anak. Kedalaman kolam renang anak-anak berkisar 20-40 cm, tentunya kolam renang anak-anak ini aman untuk dipakai berenang oleh anak-anak. Didalam kolam renang  biasanya dilengkapi dengan permainan atau multi struktur playground yang dilengkapi dengan ember tumpah atau aqua bucket dengan berbagai ukuran sesuai dengan lokasi kolam renang tersebut. Anda dapat berkonsultasi langsung dengan kontraktor perencanaan kolam renang seperti kami dalam hal pembuatan desain yang sesuai dengan yang anda inginkan.


Pembuatan Struktur Kolam Renang, adapun tahapannya adalah : 1. Pengukuran 2. Galian Tanah

3. Pondasi Foot Plat 4. Sloof Lantai Kolam 5. Perapian Tanah Gutter Kolam 6. Pasir Urug 7. Lantai Kerja 8. Pembesian Lantai dan Dinding 9. Bekisting Topi Kolam dan Gutter 10. Pekerjaan Cor Beton 11. Pekerjaan Water Proofing 12. Pekerjaan Plesteran 13. Pasang Keramik 14. Pasang Batu Andhesit Topi Kolam 15. Pasang Tutup Gutter Kolam 16. Pekerjaan Tutup Ending Gutter 17. Pekerjaan Coating Batu Alam


Pekerjaan Electrical dan Plumbing System Kolam Anak oleh Kontraktor Kolam Renang

  1. Instalasi Water House dan Permainan Area Kolam Anak-Anak

  2. Pemasangan Pipa PVC Class 10kg/cm2 ukuran Wavin 3”, Wavin 1 ½”, Wavin2”, Wavin 1”, Knee 90 derajat 3”, Knee 90 derajat 1 ½”, Knee 90 derajat 6”, Knee 45 derajat 3”, Reducer 1 ½ x 1”

  3. Pemasangan Cover MD diameter 30×30 cm dan SOD ½”

  4. Instalasi Ruang Mesin Water House dan Permainan Area Kolam Anak-Anak

  5. Pemasangan Mesin Pompa Ebara 18,5 KW “in-out 4×3” dengan lengkap seperti : Karet Mounting 8×8, Flexible joint 5”, Flexible joint 6”, Strainghtner 10”, Valve Butterfly 6”, Check Valve 5”, Valve Butterfly 3”, Shock fleng 3”, Shock fleng 6”, Tee 10×6”, Tee 8×6”, Dop 10”, Dop 8”, Pipa PVC Class 10kg/cm2 dengan ukuran Wavin 10”, Wavin 8”, Knee 90 derajat 4”, Knee 90 derajat 6”, Pipa PVC Class 10kg/cm2 dengan ukuran Wavin 4”, Wavin 6”.

  6. Pemasangan Besi UNP 8×8 cm, Besi Siku 5×5 cm.

  7. Pemasangan Stainless Strainghtner 10”, Shock fleng 5”, Ball Valve PVC 2”, Ball Valve PVC 1 ½”, SDL 2”, SDL 1 ½”, Vacum Troiley.

  8. Pemasangan Pompa Sumpit.

  9. Instalasi Plumbing System Balancing Tank Water Treatment Kolam Anak-Anak

  10. Pemasangan Foot valve 4”, Floating 1 ½”, Pipa PVC Class 10 kg/cm2 Wavin 1 ½”, Knee 1 ½”, Ball valve PVC, SOD 1 ½”, SOD ½”, Pipa PVC Class 10 kg/cm2 Wavin 4”, Tee 90 derajat 6”, Ball valve ½”, Knee 90 derajat ½”, Pipa PVC Class 10 kg/cm2 Wavin ½”, Shock ½”.


Pembuatan Kolam Arus

Pekerjaan kami sebagai kontraktor perencanaan kolam renang diantaranya membuat kolam arus. Kolam Arus adalah sebuah wahana permainan air yang dibuat sedemikian rupa yang menyerupai seperti arus air disungai, yang berputar dari start hingga finish . Kolam Arus yang dimaksud disini adalah kolam arus biasa yang pada umumnya kita temui di waterpark dengan ukuran lebar kolam arus berkisar 3,5 m – 4 m, dengan kedalaman berkisar 60 – 100 cm, dengan permukaan dasar kolam yang datar.

Kolam Arus ini sangat sederhana dengan penggunaan mesin dan peralatannya pun sangat sederhana. Kami kontraktor kolam renang dapat mendesain dan membuatnya.


Struktur Kolam Renang


Pembuatan Struktur Kolam Renang Arus, adapun tahapannya adalah :

  1. Pengukuran

  2. Galian Tanah

  3. Pondasi Foot Plat

  4. Sloof Lantai Kolam

  5. Perapian Tanah Gutter Kolam

  6. Pasir Urug

  7. Lantai Kerja

  8. Pembesian Lantai dan Dinding

  9. Bekisting Topi Kolam dan Gutter

  10. Pekerjaan Cor Beton

  11. Pekerjaan Water Proofing

  12. Pekerjaan Plesteran

  13. Pasang Keramik

  14. Pasang Batu Andhesit Topi Kolam

  15. Pasang Tutup Gutter Kolam

  16. Pekerjaan Tutup Ending Gutter

  17. Pekerjaan Coating Batu Alam


Mekanikal Elektrikal Kolam Renang

Pekerjaan Mechanical, Electrical dan Plumbing System Kolam Arus oleh Kontraktor Kolam Renang

  1. Pekerjaan Instalasi Dorong Kolam Arus, yang terdiri dari :

  2. Pekerjaan Intalasi Sparing Dorong Kolam Arus

  3. Pekerjaan Instalasi Ruang mesin Utama Sirkulasi Kolam Arus

  4. Pekerjaan Instalasi Sparing Line Utama Sirkulasi Kolam Arus

  5. Pekerjaan Instalasi Utaama Balancing Tank Kolam Arus


Pembuatan Kolam Ombak

Kami sebagai kontraktor kolam renang dapat membuat wahana permainan air yang menarik seperti kolam ombak. Kolam OmbakKolam renang ombak adalah Sebuah kolam renang yang dilengkapi dengan ombak buatan seperti sensasi ombak dilaut lepas. Namun disini berbeda karena  anda tidak perlu khawatir terbawa arus, karena arusnya aman dan tidak seperti seliar dilaut lepas sehingga anak-anak maupun anggota keluarga yang lain bisa menikmati dikolam ini dengan tanpa rasa takut atau khawatir dengan ombak buatan tersebut.


Pembuatan Struktur Kolam Ombak, adapun tahapannya adalah :

  1. Pengukuran

  2. Galian Tanah

  3. Pondasi Foot Plat

  4. Sloof Lantai Kolam

  5. Perapian Tanah Gutter Kolam

  6. Pasir Urug

  7. Lantai Kerja

  8. Pembesian Lantai dan Dinding

  9. Bekisting Topi Kolam dan Gutter

  10. Pekerjaan Cor Beton

  11. Pekerjaan Water Proofing

  12. Pekerjaan Plesteran

  13. Pasang Keramik

  14. Pasang Batu Andhesit Topi Kolam

  15. Pasang Tutup Gutter Kolam

  16. Pekerjaan Tutup Ending Gutter

  17. Pekerjaan Coating Batu Alam

Sistem dan Equipment Kolam Ombak, yang terdiri dari :

  1. Wave Generator Type : GNT 350, Powered by TECO 55 kw

  2. Gate System for chamber Type : GNT double side action 12”

  3. Pneumatic for Gate System Type : Cylinder Double Actions, Powered by FESTO (Germany)

  4. Distribution Air Pipe for Pneumatic Powered by FESTO (Germany)

  5. Regulator Set for Pneumatic Gate System Powered by FESTO (Germany)

  6. Planum Pipe 20” Black Steel Pipe 20” Standart

  7. Support for Planum Pipe 20” Black Steel Pipe 20” Standart and UNP

  8. Planum Distribution Pipe 12” Black Steel Pipe 12” Standart

  9. Compressor for Pneumatic Power 11 kw, Powered by HITACHI.

  10. Main Control Panel Program with Display Controling

  11. On Site Control

  12. Inverter for Reducing Power

  13. Stainless Steel Grill for Chamber

Pekerjaan Mekanikal, Electrikal dan Perpipaan Kolam Renang

Pekerjaan Mechanical, Electrical dan Plumbing System Kolam Ombak, yang terdiri dari : Circulation Pump, Sand Filter, Fleksible Joint 3”, Fleksible Joint 4”, Strainghtner 10”, Valve Butterfly 3”, Valve Butterfly 4”, Check valve 3”, Valve Butterfly 6”, Shock fleng 3”, Shock fleng 4”, Tee 10×6”, Tee 10×4”, Tee 8×3”, Tee 8×4”, Tee 4”, Tee 6”, Tee 4×2”, Tee 3×2”, Tee 2×2”, Tee 4x 1 ½”, Tee 3x 1 ½”, Tee 2x 1 ½”, Tee 6×4”, Pipa PVC AW Class 10kg/cm2 10”, Pipa PVC AW Class 10kg/cm2 8”, Pipa PVC AW Class 10kg/cm2 6”, Pipa PVC AW Class 10kg/cm2 4”, Pipa PVC AW Class 10kg/cm2 3”, Pipa PVC AW Class 10kg/cm2 2”, Pipa PVC AW Class 10kg/cm2 1 ½”, Preasure Gauge, Gate valve ½”, SDL PVC ½”, SDD PVC ½”, Knee 90 derajat ½”, Pipa PVC AW Class 10kg/cm2 ½”, Shock ½”, DOP 10”, DOP 8”, Knee 6”, Knee 4”, Knee 3”, Knee 2”, Knee 1 ½”, Reducer 4×3”, Reducer 3×2”, Reducer 2×1 ½”, Reducer 6×4”, Cover MD 30×30 cm, Cover IF 1 ½”, Cover IF 2”, SDD PVC 1 ½”, SDD PVC 2”, Roof drain, Foot valve 4”, Packing, Besi UNP 8×8 cm, Besi UNP 4×4 cm, Besi Siku 5×5 cm.

Kolam Landing (Kolam Landing Crazy Combi Water Slide, Whizzard Slide dan Boomerang)

Kepuasan Owner dan pengunjung adalah kebanggaan bagi kami sebagai kontraktor pembuatan kolam renang, untuk itu sebuah wahana permainan harus didesain dengan konsep dan perencanaan yang matang salah satu contohnya yaitu kolam landing. Kolam Landing adalah sebuah kolam, dimana pemakain kolam tersebut hanya untuk bisa mendarat dengan berseluncur. Permainan dengan wahana kolam landing, memang untuk permainan orang dewasa atau sudah besar usianya, dikarenakan permainan ini harus punya uji nyali yang cukup besar dengan adrenalin yang cukup tinggi.


Pembuatan Struktur Kolam Landing , adapun tahapannya adalah :

  1. Pengukuran

  2. Galian Tanah

  3. Pondasi Foot Plat

  4. Sloof Lantai Kolam

  5. Perapian Tanah Gutter Kolam

  6. Pasir Urug

  7. Lantai Kerja

  8. Pembesian Lantai dan Dinding

  9. Bekisting Topi Kolam dan Gutter

  10. Pekerjaan Cor Beton

  11. Pekerjaan Water Proofing

  12. Pekerjaan Plesteran

  13. Pasang Keramik

  14. Pasang Batu Andhesit Topi Kolam

  15. Pasang Tutup Gutter Kolam

  16. Pekerjaan Tutup Ending Gutter

  17. Pekerjaan Coating Batu Alam


Pekerjaan Mechanical, Electrical dan Plumbing System Kolam Landing (Kolam Landing Crazy Combi Water Slide, Whizzard Slide dan Boomerang)

  1. Instalasi Sparing Line (Kolam Landing Crazy Combi Water Slide, Whizzard Slide dan Boomerang)

  2. Instalasi Ruang Mesin Kolam Landing Crazy Combi Water Slide, Whizzard Slide dan Boomerang

  3. Instalasi Plumbing System Balancing Tank Water Treatment Kolam landing Crazy Water Slide, Whizzard Slide dan Boomerang

Pekerjaan Landscaping Waterboom atau Water Park

Suasana / Tema dari kolam renang merupakan salah satu nilai yang paling penting agar supaya menarik pengunjung untuk mendatangi kolam renang / water pak, untuk itu kontraktor desain kolam renang beserta owner akan berdiskusi membahas tema / lanscaping dari kolam renang yang akan dibuat. Landscaping Waterboom/Water Park adalah Pekerjaan pembuatan taman yang berada diarea lokasi Waterboom atau Water park tersebut. Tujuannya, untuk memperindah lokasi area Waterboom atau Water park dengan konsep yang Owner inginkan.

Adapun Pekerjaan Landscaping Waterboom atau Waterpark, antara lain :

  1. Pembentukan Lahan

  2. Perbaikan lahan (Pemupukan)

  3. Penanaman Pohon, seperti : Trembesi, Damar, Beringin Hijau, Beringin Putih, Palem Sedeng, Bunga Kupu-kupu Ungu, Bambu Jepang, Jati Emas, Palem Ekor Tupai.

  4. Penanaman Perdu, seperti : Rumput Gajah, Irish Bunga Kuning, Bougenvile Bunga Orange, Bougenvile Bunga Pink, Lili Bakung.PT. PUTRAPRASENDO BERJAYA Jl. Wibawa Mukti 2 No: 36 Jatiasih, Bekasi 17423 Telp: +62-21-82437804, Fax : +62-21-87717934HP: 081808127049 / 08176988578 / 08111564679

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

381 views0 comments

Comentarios

Obtuvo 0 de 5 estrellas.
Aún no hay calificaciones

Agrega una calificación
bottom of page