• Admin

Jasa Pematung Fiber Profesional


PT. PUTRAPRASENDO BERJAYA Jl. Wibawa Mukti 2 No.36 Jatiasih, Bekasi Telp: 021-82437804, 8720620 Mobile: 081808127049, 082114366989, 08176988578 Email: prasendo@gmail.com www.waterpark.co.id www.endofiberglass.com – at Endo Fiberglass Workshop

Cara membuat patung fiber resin


Pada dasarnya menggunakan cara dan langkah yang sama dengan yang digunakan pada proses pembuatan produk-produk berbahan resin dan fiber glass lainnya. Jadi tehnik yang akan disajikan disini juga bisa dipakai sebagai tahapan dalam proses pembuatan relief, plakat, souvenir, replika, produk kerajinan, modifikasi aksesoris motor dan mobil, produk rumah tangga, produk bangunan, kapal dan masih banyak lagi.

Resin yang memiliki bentuk cairan kental menjadi sangat fleksibel untuk digunakan sebagai bahan dasar produk dengan bentuk akhir sesuai keinginan pembuat, tentu saja dengan bantuan cetakan atau molding yang dipersiapkan terlebih dulu.

Sebelumnya saya ingin menggarisbawahi mengenai istilah yang menurut saya agak rancu berkaitan dengan penamaan atau menyebut produk yang dihasilkan. Sering kita mendengar istilah produk fiber, dilain kesempatan ada yang menyebut produk resin. Mana yang benar? Dari urain yang akan saya sampaikan mengenai cara membuat produk fiber resin ini anda akan bisa menyimpulkan sendiri.

Kita mulai dengan bahan yang digunakan:

1. Resin.



2. Katalis.



3. Material Isian.


Ini berkaitan dengan produk hasil yang ingin dihasilkan. Ketika ingin membuat produk batu maka serbuk batu yang anda butuhkan, ketika ingin membuat produk seperti kaca maka material isian tidak diperlukan. Yang umum dan paling banyak digunakan untuk membuat produk yang sering kita lihat adalah Talk (talc powder).

4. Serat Kaca (Fiberglass Mat).



5. Material Tambahan.


6. Soda api atau bisa diganti deterjen bubuk. 7. Air bersih.

.

Alat Yang digunakan. 1. Wadah untuk menampung dan membuat adonan resin. Untuk hasil terbaik gunakan wadah dengan ukuran takaran. 2. Alat pengaduk (kayu, logam, dll) 3. Cetakan / molding 4. Kuas 5. Ember 6. Amplas berbagai ukuran untuk menghaluskan.

Langkah-langkah membuat:

1. Siapkan cetakan lebih dulu sebelum proses membuat patung/produk fiber dimulai. Bersihkan cetakan jangan sampai ada kotoran menempel dipermukaan cetakan. Apabila menggunakan cetakan dengan beberapa potongan, pastikan bagian sambungan sudah rapat.

2. Buat adonan resin dengan bahan isian dan katalis sesuai takaran. Mengenai takaran ini tidak ada aturan baku yang digunakan. Penggunaan material isian yang berbeda akan menghasilkan takaran yang berbeda juga. Perlu latihan berulang-ulang sampai anda menemukan takaran yang pas sesuai yang anda inginkan. Bisa 1:5 untuk batu, 1:4 untuk talk, dan sebagainya. Mengenai pemakaian cairan katalis juga tidak ada aturan baku. Prinsipnya semakin banyak pemakaian katalis, proses pengeringan menjadi semakin cepat. Untuk acuan bisa digunakan 10cc untuk penggunakan 1 kg resin. Sebagai catatan pemakaian katalis akan sedikit berbeda ketika kita membuat produk resin bening.

3. Setelah adonan disiapkan, mulai tuangkan adonan ke dalam cetakan, pastikan semua permukaan terisi dengan adonan. Untuk produk masif dengan cara di isi penuh, sedangkan untuk produk berongga bisa digoyang-goyangkan dan dikuaskan pada seluruh permukaan cetakan.

4. Untuk membuat produk menjadi kuat, gunakan anyaman serat kaca atau fiberglass mat sebagai tulangan. Cara membuatnya dengan membuat 2 lapisan. Ketika lapisan pertama adonan sudah mengental namun belum kering, berikan fiber mat dengan cara diletakkan dan dicocok dengan kuas pada seluruh permukaan. Catatan, jangan sampai fiber meth menembus sampai permukaan cetakan supaya tidak terlihat ketika produk dikeluarkan dari cetakan. Kemudian tuang lagi dengan adonan untuk membuat lapisan kedua. Tunggu sampai kering.

5. Keluarkan produk resin yang sudah kering/keras dari cetakan, masukkan ke dalam ember yang sudah diberi air deterjen atau soda api. Rendam sampai semalam jika menggunakan deterjen dan sekitar 30 menit bila menggunakan soda api. Langkah ini untuk membuat lendir atau kotoran resin yang lengket menempel pada permukaan produk mudah dihilangkan. Setelah waktunya cukup, angkat dan keringkan.

6. Untuk menghilangkan kotoran sisa cetakan dan menghaluskan permukaan supaya siap dilakukan proses berikutnya, gunakan amplas berbagai ukuran. Lakukan 3 atau 4 kali tahap pengamplasan sesuai kebutuhan. Ukuran amplas yang biasa digunakan adalah 240, 450, 600, sampai dengan 1000.


9. Produk akhir resin bisa difinishing sesuai dengan keinginan. Bisa menggunakan cat duco, cat kuas biasa, electroplating, atau hanya cukup dislab untuk mengkilapkan saja.

Berikut beberapa foto yang bisa memudahkan anda memahami proses dan langkah membuat produk fiber resin. Sebagai catatan, foto-foto yang disajikan diambil dari berbagai kegiatan membuat beberapa produk, bukan dari proses awal membuat satu lane produk, jadi fotonya beragam. Yang terpenting, masih bisa digunakan untuk menjelaskan mengenai langkah dan proses pembuatan patung dan produk lainnya dari fiber glass resin.




PRODUK WATERPARK Katalog BOX MOTOR PLAYGROUND Alat Peraga Kesehatan DESAIN WATERPARK PaPan BaSkEt Tempat Sampah Bikin MASKOT Manekin MEJA KURSI FIBER Toilet Portable LIFE JACKET BOX PaYuNG PAraSOL KIOSK TOUCH SCREEN endofiberglass SIRKUS WATERPLAY fiberglass professional Ayunan CUSTOM FIBER KontraktorWaterpark ENDOFIBER

View on Path

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

#TukangPatungMaskotFiber #pematungprofesional #tukangpatungfiber #jasapatungfiber #PatungMaskot #bikinmaskot

© 2015 by PT. Putraprasendo Berjaya, Endofiberglass, Sirkuswaterplay

  • Instagram
  • Facebook
_edited.png

Konsultan Waterpark

Kontraktor Waterboom